@kumparancom: Tim koalisi @prabowo dan @sandiuno usulkan sesi debat kandidat capres-cawapres menggunakan bahasa Inggris untuk nilai komunikasi internasional paslon. - Menurut Ketua DPP PAN, Yandri Susanto, nantinya kedua paslon tersebut akan berdebat dengan metode cerdas cermat selama satu jam penuh. - Simak berita selengkapnya di kumparan.com/topic/medsos. - #kumparanNEWS #sandiagauno #sandiaga #cawapres #jokowi #jokowidodo #marufamin #prabowo #prabowosubianto #berita #nasional #politik #news #politics #viral #trending #trendingtopic #newsoftheday #infographic #potd #pilpres #pilpres2019 #pemilu #election #presidential #trends
5114 likes
2171 comments


@dapur_adhis: Mau penjelasan apa lg mbak..saya siap menjawabnya..Insha Allah akan saya jawab selama memang itu bisa saya jawab..dan mudahan jawaban saya dpt membuka mata hati mbak sebagaimana kita sesama org Muslim di Indonesia yg takut akan Azab Allah SWT..
@dapur_adhis: @satyaariwahyuni ciyeeee..ya udh deh mbak..semoga Allah menolong mbak. Ingat mbak Pemerintah rezim sekarang cuma Manusia mbak..bukan Tuhan.. saya percaya dengan Pilihan Ulama..karena Ulama pewarisnya para Nabi..Pemimpin mbak pewaris apa yaa....tp ingat lo mbak saya bukan penggemar partai..mau gerindra di tenggelamkan kek..terserah..akan tetapi saya berkeyakinan dan percaya atas Ijin Allah dengan Pilihan para Ulama2 yg sudh jelas ke Ilmuannya dan sudh jelas takut akan Azab Allah SWT..
@pebritry: @dapur_adhis sya faham maksudnya mbak, tapii tapi lho mbak ya, mau pemerintah kayak apa juga kalo pada dasarnya orangny ngak bener mah tetep aja nggak bener, jalannya gimana? Yaa jadi main sembunyi2. Narkoba semakin marak? Iya mbak. Dari dulu jg banyak. Cuma dulu nggak ke ekspos, skr pemerintah coba brantas dibuka semua. Akhirny org2 yg gatau apapa dulu sekarang kebuka matanya. Korupsi makin banyak? Justru karena banyak yg ketangkap akhirnya ketahuan korupsi makin banyak 😂. Poin saya, dengan pemerintah siap berani buka2an seperti sekarang, artinya dia siap untuk bertanggung jawab mbak. Ada niat untuk jd lbh baik. Tapi gimana dong malah semakin banyak yg ketangkap? Yes,thats why. Itu buat pembelajaran kita mbak. Korupsi itu sudah sangaaat mendarah daging bahkan org2 yg dariluar mungkin baik ternyata korupsi juga hehe. Yaa gitu lah cermati saja berita. Mengenai orang2 yg mbak bilang, gini mbak, masyarakat indonesia itu gak cuma muslim. Alangkah indahnya jika pemerintah bisa mengakomodir semua kalangan masyarakatnya. Bukan saya setuju dengan zinah dll, tapi pemerintah itu harus menyediakan sistem bahkan untuk hal2 yg dianggap gak benar sperti itu. Biar apa? Biar terdata. Biar kalo ada sesuatu sudah terklasifikasikan gitu loh jadi penanganannya lbh cepat. Biar gak ada yg ilegal dibawah umur misalnta. Kalo gak terdata, itu yg sembunyi2 bisa dari semua kalangan.Tapi kan itu dosa? Iya emang dosa. Tapi masyarakat indonesia yg udah baleg menanggung dosanya masing2 mbak. Toh sudah dewasa. Yg penting sdh diingatkan. Kalo masih begitu yaaa resiko dosa masing2. Gitu loohh.... Jangan jauh2 deh tentang yg maksiat. Ttg hal2 yg biasa biasa aja kita kadang masih suka rasis kok gak sadar (atau sadar? Hehe)Terakhir, kita aja senang kalo ada berita di luar ttg bagaimana para mayoritas yg menghormati dan menghargai kita oara muslim. Coba itu diterapkan juga disini. Saling toleransi itu indah mbak. Mengalah bukan berarti kalah. Rendah hati dan tidak semena mena juga ajaran dari islam yg terkadangn sekarang begitu sulit ditemukan
@dapur_adhis: @pebritry nah mbak seharusnya kita sebagai org Muslim yang taat mengingatkan saudara2 kita yg melakukan kemaksiatan..bukannya membiarkan seperti kata mbak..sadar diri sendiri aja. Islam tidak seperti itu mbak..malahan kita diwajibkan melarang mereka melakukan kemaksiatan bukan membiarkannya dengan menutup mata..mengenai Syari'at Islam..para ulama sebenarnya tidak mau memasukkan sistem Khilafah keseluruhan di negeri kita ini..akan tetapi ada beberapa yg sudh sangat darurat dan memamng wajib diberlakukannya hukum syari'at Islam..contoh menutup tempat hiburan malam di daerah daerah yg ber Mayoritas Muslim..menghukum Pancung para Koruptor dan Bandar Narkoba..menghapus aCara penayangan Televisi yg sudah keluar dr Hukum ISLAM...menghukum pencuri sebagaimana hukum yg ditetapkan didlm Al-Qur'an..menghukum org2 yg suka berzinah menurut hukum syari'at Islam didlm Al-qur'an..saya pembela ulama bukan takut dengan pemerintah mbak..tp saya takut akan Bala yg akan di turunkan Allah kalo negara kita cuma seperti seperti aja..gt mbak
@pebritry: @dapur_adhis hahaha jadi melebar kemana mana pembahasannya 😂 yahh maksud mbak baik saya tahu. agree to disagree. Kacamatanya berbeda. Tak apa. Yang penting saling menghormati pendapat masing2. Yg penting alhamdulillah pak prabowo katanya juga tidak setuju pake bahasa inggris 😀
@dapur_adhis: @pebritry tugas ulama dan pemerintah berat lo mbak..selain membangun daerah yg maju..yg paling berat iya itu menanggung dosa kemaksiatan yg sudh merajalela di Indonesia..cuma kata2 org yg cinta dunia menyebut masing2 dosa itu ditanggung sendiri2.. tp malah sebaliknya mbak..kita sebagai org Muslim yg tau dosa sangat berkewajiban melarang mereka semua..kalo kita tidak melarang mereka kita yg dpt dosa mbak....ini semua ada Hadistnya lo mbak ada juga di Al-qur'an..tetapi maaf saya tidak hapal hadist2nya maupun Tafsiran dr Al-Qur'an..krn sy sering mendengar ceramah.jd saya mengambil ilmu yg simpel aja yg mudh dimengerti..seperti menjaga org2 disekitar kita untuk tidak melakukam kemaksiatan..
@dapur_adhis: @pebritry siyaap..semoga kita semua diberikan Allah hidayah ya mbak..sepatutnya kita sesama muslim tidak saling mencibir atau menghina...dengan yg berbeda Agama aja kita diwajibkan saling menghargai..apalagi dengan sesama Umat Muslim..ini cuma masalah Furu' atau pendapat untuk menjalankannya beda2..semua berkeinginan yg sama iya itu Membangun Indonesia yg lebih Baik..berakhlak..dan beraqidah..beragama..bersukusuku..berbahasa satu bahasa Indonesia
@jerryanalog: @dapur_adhis kok lu pake agama, jadi org jgn terlalu agamais, malu, ini contoh org indonesia yg ga prnh mikir pake otak.
@dapur_adhis: @laurentjerry emang seharusnya begitu..Indonesia ini di Ciptakan oleh siapa..coba saya tanya..siapa yg menciptakan..siapa..hayo siapa..siapa..siapa...siapa yg membuat makhluk hidup..hayo siapa..siapa hayoo..siapa.....ketahuan anda org yg berpikir tidak ada Tuhan..hahaha..kasian deh
@bagong_backpacker: Agamis 😂😂😂 @dapur_adhis
@dapur_adhis: @laurentjerry cuma org2 yg sesat aja tidak berpikir dengan Agama..hahaha..belajar tu pakai uang halal..jgn pakai uang haram..didunia ini tidak ada Agama selain Agama ISLAM.kesalahan kurikulum yg dicanangkan pemerintah jaman dulu tentang perbedaan Agama dan kitabnya..Nabi Musa kitab Taurat dibilang Agama Yahudi..Nabi Isa kitab Injil dibilang agama Nasrani..haha..hello zaman sekarang masih berpikir begitu..balik aja ke orok deh..semua Nabi Mulai dr Nabi ADAM sampai nabi Muhammad itu ber Agama ISLAM..semoga Allah memberikan Hidayahnya kepada Anda..Amiin
@jerryanalog: @dapur_adhis yakin statement lo ini benar? Tuhan dong berarti lo HAHAHA
@dapur_adhis: @laurentjerry haha..yg ngaku tuhan siapa..kasian deh..
@dwiyanaikadek: @dhanyrisma02 tetap pak jokowi 🙏
@bharactv: Yaa Udh Gw juga mau USUL Debat presiden harus bawa ISTRI kan perlu tuh kalau pergi keluar negeri ada kunjungan kerja ... JADI wajib bawa istri wkwkwkw
@bharactv: @ibadurrohman_m presiden juga wajib saat kunjungan kerja bawa ISTri ... Jadi presiden harus punya ISTRI
@naniferry: @dapur_adhis pimpinan sekarang dong... hasil kerjanya sudah ada.. sederhana aja pakJokowi ngk pernah menjatuh ato menjelekkhan lawan ato pemimpin seblmnya ... kl suka sama dia , silahkhn pilih .. Hidup sederhana kl suka ya pilih kl ngk jgm ! menjatuhkhn , menfitnah ato menjelek semua yg blm ada bukti , berdoSa kita...
@jan_hutabarat: @agusjupri1 hahaha sikat bro. dr pd kubo yg ono, pd ngaco.😅🤣
@morsyahroni: @riezkyfajar tolong liat ini debat untuk kepentingan rakyat indonesia bukan untuk dagang dengan negara luar. yg penting di debat itu konten agar smpai kr masyarakat. tujuan debat ini apa yg ingin di dengar masyarakat apa?.
@morsyahroni: @mhmmad_ishaq tes bahasa inggris? di debat? hello ini bukan ujian masuk kerja
@morsyahroni: sama aja bunuh diri. debat ini mau menunjukan konten isi debat bukan adu pamer skill. yakali lu belum kasi bukti apapa mau debat bahasa inggris pendukungmu atau org yg msh putih gimana mau tau ttg konten mu pak prbw?.
@mhmmad_ishaq: @morasyhroni gak bisa ? Ngomong aja hahaahahah
@riezkyfajar: @morasyhroni emang diplomasi soal ekonomi, tenaga kerja, dll dengan luar negeri bukan untuk kepentingan rakyat Indonesia?
@morsyahroni: @riezkyfajar ya memang tp sesuaikan sm konteksnya, untuk apa jago bahasa inggris tp aplikasi dan pelaksanaanya tidak ada?. kita perhatikan konteksnya ini "debat". untuk memberitahukan bgmn cara berpikir calon pemimpin kita bagaimana visi misi bagaimana program kita. kalau ada masyarakat kita yg gak ngerti bhs inggris. apa yg mau di ddngar?. soal bahasa inggris kalau pun dikatskan jokowi tidak fasih bahasa inggris. tp toh invest maupun kerja bilateral jalan juga.. krn pemertintah kita bukan cuma jokowi:)
@morsyahroni: @riezkyfajar perlu di perhatikan untuk apa debat ini? untuk menginfokan masyarakat kita. tp bagaimana dgn mereka yg tidak mengerti?. apa yg sampai? kesanya cuma ajang pamer skil bahasa.. bukan ajang pamer kinerja yg harusnya masyarakat kita mengerti. itu poinya
@morsyahroni: @mhmmad_ishaq kalau gak bisa. ada berapa kerja sama indonesia dgn luar negri? fakta ada kok:)
@mhmmad_ishaq: @morasyhroni kalau ada faktanya kok takut debat wkwk
@riezkyfajar: @morasyhroni masyarakat yg tidak mengerti tinggal dengarkan subtitle, gitu aja repot. Koq pamer skill bahasa? Mas, rakyat aja skrng dituntut bisa bahasa Inggris, katanya era globalisasi lah, era perdagangan bebas lah, Mea lah. Tentu presidennya juga harus punya minimal standar dlm penggunaan bahasa asing lah.
@morsyahroni: @riezkyfajar mas tau debat ini live kan? mas gak ngerti subtitle sig itu cara buat nya gimana. subtitle itu gak dibuat saat live mas. hahaha aduh pendukung prbw kok gini ya🤣, iya mmg dituntut . tp bagaimana dgn mereka yg di pedalaman sana yg org org tua yg terlanjur tidak mengerti? mereka. tidakkah anda mengerti? tidak kah adil? . kalaupun anda blg jokowi tak fasig bahasa inggris. bisa anda sebutkan hubungan diplomasi apa yg tidak jalan dr jokowi?. bapak tau tidak jokowi telah jd pembicara di forum internasional? sby jago bahasa inggris tp gak ambil alih freeport dr us tuh hahaha.
@morsyahroni: @riezkyfajar tidak kasihan kah bapak dgn mereka yg belum mengerti bahasa luar?. jangan sampai krn bahasa inggris program visi misi pak prabowo gak sampai ke pendukungnya. kataanya pro rakyat bawah. tp untuk masalah penyampaian visi misinya gak pro rakyat bawah. aduh
@morsyahroni: @mhmmad_ishaq bukan takut debat. tapi tolong lihat konteksnya ini debat. apa tujuan dr debat?? penyampaian informasi ke masyarakat mas. bagaimana dgn mereka yg tidak mengerti? tidak kah anfa berpikir ttg itu?. pak sby jago bahasa inggris tp freeport gak diambil alih tuh. malah yg gak jago bahasa inggris yg ambil alih freeport
@morsyahroni: @riezkyfajar mas tau subtitle gak? kok subtitle didengar. ya dibaca lahhh...bagaimana dengan mereka yg buta? baca subtitle dr mane. aduhh prbw sm pendukungnya sm sm asal
@debeian: Pake bahada arab aja biar keliharan islamnya
@jamustioadinugroho: Debat pake bahasa inggris, pak sandiuno aja yg pake bahasa itu, aku harap pak jokowi tetep pake bahasa negri sndri yg tercinta ini, contoh gagasan ok oc, itu kan ga jelas
@ernest.d.dekker: @saidrijalkhalis Kau kalau goblok ga usah komen, stasiun tv punya teknologi utk input subtitle ketika debat bahasa inggris berlangsung. Presiden kan jadi pedoman utk rakyat Indonesia di forum internasional, masa bahasa inggrisnya belepotan..
@apriyanti4285: @ferriyadi89lembak emngg bapa punya otak yah?? Sootoyy cuy.. Wkkwkkw