@kumparancom: Tim koalisi @prabowo dan @sandiuno usulkan sesi debat kandidat capres-cawapres menggunakan bahasa Inggris untuk nilai komunikasi internasional paslon. - Menurut Ketua DPP PAN, Yandri Susanto, nantinya kedua paslon tersebut akan berdebat dengan metode cerdas cermat selama satu jam penuh. - Simak berita selengkapnya di kumparan.com/topic/medsos. - #kumparanNEWS #sandiagauno #sandiaga #cawapres #jokowi #jokowidodo #marufamin #prabowo #prabowosubianto #berita #nasional #politik #news #politics #viral #trending #trendingtopic #newsoftheday #infographic #potd #pilpres #pilpres2019 #pemilu #election #presidential #trends
5082 likes
2153 comments


@erich_simatupang: @riezkyfajar tidur bego besok mulung?
@mhmmad_ishaq: @rottz_ tanpa bekerjasama dgn negara lain gak mungkin sebuah negara akan maju !
@lubis_421: @dhanyrisma02 lu mau bilang presiden china , pm jepang, presiden korea bodoh?? Yg gk bisa bahasa inggris
@henry_dwi_putranto_: Halah usulan ora mutu ora penting blas... yg penting kinerjanya,klo bikin usulan yg berbobot dikit lah,pakde jokowi di luar negeri udah kebanyakan prestasi,,sudah di akui dunia sebagai pemimpin yg hebat πŸ‘πŸ‘πŸ‘
@dapur_adhis: @satyaariwahyuni mau tau nih..yakin..kalo saya jawab apa mudahan mbak terbuka mata hatinya yaa..liberal itu cara berfikir kaum yg memikirkan Asas kebebasan dan cuma mementingkan dunia....kalo sistem Khilafah itu suatu pemerintahan yg di pimpin salah satu pemimpin Pilihan melalui Ijtima' para Ulama2 besar di jamannya untuk memimpin suatu Negara melalui Syari'at Islam..gmn mbak..sudah jelas..jd Jaman kita sekarang sudah Jaman Liberal..sudah mengeyampingkan Aqidah Islam...Ulama ceramah dipersekusi.Ulama ceramah di larang..contoh UAS..ulama bnyak di fitnah..tp coba mbak pikir..sedangkan kemaksiatan di Indonesia sudh merajalela..Korupsi..Perzinahan..Narkoba..nah kenapa Pihak2 Aparat dan pemerintah seolah olah menutup matanya dijaman sekarang tentang hal itu semua..pdhl hal2 tersebut yg sudh jelas2 dilarang oleh Allah..walaupun sering sudh para aparat merajia diskotik2...tempat2 hiburan malam..koruptor bnyk di tangkap..tp apa hasilnya Mbak..apakah sudh berkurang dijaman sekarang..jawabannya TIDAK.. mengenai kaum Liberal..kita mecontoh jaman Fir'aun..para kaumnya memuja memujinya seolah olah dia sudh sebgai Tuhan..yg bisa membangun Wilayahnya sedemikian Majunya..tp apa yg terjadi..Allah mengutuknya dan membasmi para Kaum dan pengikutnya melalui Mukjijat Nabi MUSA atas ijin Allah..nah sekarang pertanyaannya..apakah mbak mau terjadi hal begitu Di INDONESIA NEGARA KITA TERCINTA INI..yg sudah payah direbut oleh para Pejuang2 dan ULAMA2 MUSLIM maupun para penganut Agama lain..akan tetapi perjuangan itu semua mereka tidak LUPA DENGAN SANG PENCIPTA dan ALLAH dengan senantiasa membantu mereka semua..semoga mbak mendaptkan Hidayah dr Allah SWT
@dapur_adhis: @satyaariwahyuni ingat mbak..zaman sekarang krn sistem Liberal..di Indonesia yg mayoritas ISLAM bnyk yg cuma KTP doang..tidak perlu jauh2.. para artis2 yg beragama Muslim juga bnyak memelihara Anjing buat dipelihara..nah sudh jelas2 memelihara anjing itu diharamkan oleh Allah SWT..pergi ke diskotik..menikah beda agama..perzinahan dmn2..itu semua yg melakukan agama apa..Kebanyakan agama ISLAM..tp krn mereka semua sudh tercuci otaknya dan lemah Aqidahnya seolah olah mereka semua sudh tidak memikirkam Azab apa yg akan menanti mereka..itu semua krn Liberal..berpikir kebebasan..ingat iti Mbak..maknya #2019gantipresiden ..sudh jelas2 pilihan Ulama2 kita pak Prabowo dan Sandiaga Uno..mbak mau ngikut Ulama atau pemerintah..Kalo kita cinta Ulama senantiasa kita akan diberikan Allah Hidayah dan Perlindungan di hari Kiamat..kalo pilih Pemerintah..hayo pikir aja sendiri🀣🀣🀣🀣🀣🀣🀣
@dapur_adhis: @satyaariwahyuni tolong mbak apa kata saya dibaca menggunakan 2 mata..jgn sebelah mata saja..
@dapur_adhis: @satyaariwahyuni kalo kami para pecinta Ulama mau melawan pemerintah dengan IjinnAllah sudh mulai dulu mbak..tp dengan sangat bijaknya para Ulama memberi jawaban untuk tidak melawan dan tatap bersabar sampai sekarang walau segala mcm fitnahan terus berdatangan..persekusi kpd Ulama pun merajalela..akam tetapi para Ulama dengan begitu sabarnya menghindari pertumpahan darah dengan para Saudara Seiman maupun yg setanah Air yg belum mengerti dengan Islam..itu yg dijalani para Ulama2 kita sekarang..menunggu 2019...#2019gantipresiden..masih mau membela pemerintah mbak???silahkan saja..itu hak mbak..
@rottz_: @mhmmad_ishaq apa hubungannya dengan bahasa??
@mhmmad_ishaq: @rottz_ Berhubungan lah wk , kan bahasa sebagai Faktor utama terjadinya komunikasi secara langsung , masa pas ketemu makai bahasa isyarat😁😁😁😁😁😁
@boslybanto: Sandi jangan sok pinter kau , mentang-mentang pernah tinggal di AMRIK , buktinya kau saat njabat wakil gubernur kau hanya bisa renang dan ngibul aja , dimana program OK OC nya ,nyusep ya ? kok nggak terealisasi omong doang dasar jago kibul..
@dapur_adhis: @naniferry kita kesampingkan tentang debat memakai bahasa inggris..saya mau tanya..mbak lebih memilih Pemimpin atas Pilihan Ulama atau Pemimpin yg sekarang???.. mbak org Muslim???
@dapur_adhis: @pebritry kita kesampingkan debat bahasa inggrisnya..saya mau tanya nih mbak..semoga disimak secara baik dan kepala dingin...pertanyaan saya..Mbak mau pemimpin pilihan Ijtima ulama atau pemimpin yg sekarang???? Mbaknya muslim kan..diliat dr fotonya..
@dapur_adhis: @hermawatidewi5 kita kesampingkan debat memakai bahasa inggris..saya mau tanya nih mbak..semoga diterima dengan tenang dan kepala dingin....pertanyaan saya..Mbak Mau milih Pemimpin pilihan Ijtima Ulama atau masih milih pemimpin yg sekarang????
@boslybanto: Negara 2 yg ekonominya​ kuat seperti China & Jepang Pemimpin mereka tidak bisa lancar bahasa Inggris ,lihat ekonominya hebat disini yg penting adalah kejujuran dibarengi kerja yg keras serta memikirkan kesejahteraan rakyat nya
@rottz_: @mhmmad_ishaq lu tau topik kagak tuh baca diatas debat pakek bhs inggris klok pkek bhs inggris mana orang tau apa didebatin goblok amat
@rottz_: @mhmmad_ishaq makanya baca duluu baru komenn
@pebritry: @dapur_adhis hehe iya mbak insya alloh alhamdulillah saya muslim. Bagi saya pemerintah yg sekarang sudah banyak berusaha dan terlihat usahanya. Memang beberapa belum sempurna tapi ikhtiarnya untuk bangsa terlihat. Tapi sy pubya harapan kedepannya akan lbh baik. Silakan mbak pilih yg mbak inginkan tapi jangan bawa2 kemusliman saya dalam memilih siapa yg sy inginkan jd pemimpin saya. Dua duanya muslim mbak jangan lupa. Jika hal itu memang sangat penting buat mbak. Btw on the other side, saya ngomentarin justru katena bahasa inggrisnya πŸ˜‚πŸ˜‚ siapa sih itu yg usulin? Keknya ujub banget bisa bahasa inggris doang hehe
@dapur_adhis: @pebritry hehehe.gak tau juga tuh siapa pencetusnya..mungkin juga hoax..mungkin juga brnar..tp intinya kita ambil yg positif aja deh..boro2 ikut2an bhs inggris..ngaji aja belum lancar🀣🀣🀣..gini lo mbak mengenai pertanyaan saya..cuman saya mau menjelaskann dulu dan ini bukan tentang Agama saja..tapi mengenai Aqidah kita sebagai org Islam.. pendapat sy tntg pemerintah yg sekarang..saya akui mba pemimpin kita yg sekarang hebat banget..beda sm yg dulu..beliau tak kenal lelah dan sgt merakyat..tetapi..nah ni ada tetapinya lho..saya prihatin akan keadaan beliau sekarang yg terlalu mengedepankan kemajuan utk Indonesia..buat hasil kerja beliau beserta rezimnya memang di akui..tp ada hal yg terlupakan dr rezimnya..iya itu Hal KeTuhanan..Tuhan yg maha Esa..ulama2 sekarang yg ulama2 yg kontra dgn pemerintah bukn ulama2 gadungan lo mbak..mereka semua terbukti Aswajanya..dan memiliki pengikut Jutaan Umat..melebihi pemerintah kita sekarang..kan sudh jelas bahwa ulama itu penerus Rasul..sdgkan pemerintah kita apa..penerus apa..nah trus ulama2 kita menyerukan penutupan hiburan2 mlm yg kian merayap..tempat prostitusi bertambah..narkoba kian merakyat..koruptor bertambah..semua ulama di Indonesia sepakat hal semua itu Haram dan dilaknat Allah..akan tetapi tanpa adanya bantuan dr pemerintah dan pihak aparat ulama2 kita tidak bisa menghapus itu semua..krn kalau ulama bertindak malah dibilang islam itu keras.teroris..radikal..sdgkan pemerintah seolah olah menutup mata akibat adanya hasil uang dr semua kemaksiatan tersebut..kita ini negara bermayoritas Muslim lo mbak..org Muslim kok memelihara anjing..org Muslim kok suka berzinah.org Muslim kok suka dugem..perempuan muslim kok bajunya ketat bahkan kekurangan Kain..inti semua itu Ulama2 dan Para Habaib skrg sudh tidak bisa ambil diam lg..dan harus bertindak untuk menegakkan Khilafah yg tetap dlm Hukum Syari'at Islam yg sudh jelas hukum tersebut diridhoi Allah SWT..nah begitu mbak..tidak usah jauh2 deh..lingkungan Mbak sendiri aja..apakah ada perempuan Muslim yg ktnya sih..mungkin Islam KTP..memakai baju yg sopan seperti baju org Muslim yg demikian..padahal sudh jelas2 itu diharamkan Allah..itu mbak Pemikiran Saya..
@dapur_adhis: @pebritry dan bnyak lg yg lainnya mbak..beneran deh serius..hahaha..alangkah indahnya berdialog begini tanpa mementingkan emosi..
@dapur_adhis: Mau penjelasan apa lg mbak..saya siap menjawabnya..Insha Allah akan saya jawab selama memang itu bisa saya jawab..dan mudahan jawaban saya dpt membuka mata hati mbak sebagaimana kita sesama org Muslim di Indonesia yg takut akan Azab Allah SWT..
@dapur_adhis: @satyaariwahyuni ciyeeee..ya udh deh mbak..semoga Allah menolong mbak. Ingat mbak Pemerintah rezim sekarang cuma Manusia mbak..bukan Tuhan.. saya percaya dengan Pilihan Ulama..karena Ulama pewarisnya para Nabi..Pemimpin mbak pewaris apa yaa....tp ingat lo mbak saya bukan penggemar partai..mau gerindra di tenggelamkan kek..terserah..akan tetapi saya berkeyakinan dan percaya atas Ijin Allah dengan Pilihan para Ulama2 yg sudh jelas ke Ilmuannya dan sudh jelas takut akan Azab Allah SWT..
@pebritry: @dapur_adhis sya faham maksudnya mbak, tapii tapi lho mbak ya, mau pemerintah kayak apa juga kalo pada dasarnya orangny ngak bener mah tetep aja nggak bener, jalannya gimana? Yaa jadi main sembunyi2. Narkoba semakin marak? Iya mbak. Dari dulu jg banyak. Cuma dulu nggak ke ekspos, skr pemerintah coba brantas dibuka semua. Akhirny org2 yg gatau apapa dulu sekarang kebuka matanya. Korupsi makin banyak? Justru karena banyak yg ketangkap akhirnya ketahuan korupsi makin banyak πŸ˜‚. Poin saya, dengan pemerintah siap berani buka2an seperti sekarang, artinya dia siap untuk bertanggung jawab mbak. Ada niat untuk jd lbh baik. Tapi gimana dong malah semakin banyak yg ketangkap? Yes,thats why. Itu buat pembelajaran kita mbak. Korupsi itu sudah sangaaat mendarah daging bahkan org2 yg dariluar mungkin baik ternyata korupsi juga hehe. Yaa gitu lah cermati saja berita. Mengenai orang2 yg mbak bilang, gini mbak, masyarakat indonesia itu gak cuma muslim. Alangkah indahnya jika pemerintah bisa mengakomodir semua kalangan masyarakatnya. Bukan saya setuju dengan zinah dll, tapi pemerintah itu harus menyediakan sistem bahkan untuk hal2 yg dianggap gak benar sperti itu. Biar apa? Biar terdata. Biar kalo ada sesuatu sudah terklasifikasikan gitu loh jadi penanganannya lbh cepat. Biar gak ada yg ilegal dibawah umur misalnta. Kalo gak terdata, itu yg sembunyi2 bisa dari semua kalangan.Tapi kan itu dosa? Iya emang dosa. Tapi masyarakat indonesia yg udah baleg menanggung dosanya masing2 mbak. Toh sudah dewasa. Yg penting sdh diingatkan. Kalo masih begitu yaaa resiko dosa masing2. Gitu loohh.... Jangan jauh2 deh tentang yg maksiat. Ttg hal2 yg biasa biasa aja kita kadang masih suka rasis kok gak sadar (atau sadar? Hehe)Terakhir, kita aja senang kalo ada berita di luar ttg bagaimana para mayoritas yg menghormati dan menghargai kita oara muslim. Coba itu diterapkan juga disini. Saling toleransi itu indah mbak. Mengalah bukan berarti kalah. Rendah hati dan tidak semena mena juga ajaran dari islam yg terkadangn sekarang begitu sulit ditemukan
@dapur_adhis: @pebritry nah mbak seharusnya kita sebagai org Muslim yang taat mengingatkan saudara2 kita yg melakukan kemaksiatan..bukannya membiarkan seperti kata mbak..sadar diri sendiri aja. Islam tidak seperti itu mbak..malahan kita diwajibkan melarang mereka melakukan kemaksiatan bukan membiarkannya dengan menutup mata..mengenai Syari'at Islam..para ulama sebenarnya tidak mau memasukkan sistem Khilafah keseluruhan di negeri kita ini..akan tetapi ada beberapa yg sudh sangat darurat dan memamng wajib diberlakukannya hukum syari'at Islam..contoh menutup tempat hiburan malam di daerah daerah yg ber Mayoritas Muslim..menghukum Pancung para Koruptor dan Bandar Narkoba..menghapus aCara penayangan Televisi yg sudah keluar dr Hukum ISLAM...menghukum pencuri sebagaimana hukum yg ditetapkan didlm Al-Qur'an..menghukum org2 yg suka berzinah menurut hukum syari'at Islam didlm Al-qur'an..saya pembela ulama bukan takut dengan pemerintah mbak..tp saya takut akan Bala yg akan di turunkan Allah kalo negara kita cuma seperti seperti aja..gt mbak
@pebritry: @dapur_adhis hahaha jadi melebar kemana mana pembahasannya πŸ˜‚ yahh maksud mbak baik saya tahu. agree to disagree. Kacamatanya berbeda. Tak apa. Yang penting saling menghormati pendapat masing2. Yg penting alhamdulillah pak prabowo katanya juga tidak setuju pake bahasa inggris πŸ˜€
@dapur_adhis: @pebritry tugas ulama dan pemerintah berat lo mbak..selain membangun daerah yg maju..yg paling berat iya itu menanggung dosa kemaksiatan yg sudh merajalela di Indonesia..cuma kata2 org yg cinta dunia menyebut masing2 dosa itu ditanggung sendiri2.. tp malah sebaliknya mbak..kita sebagai org Muslim yg tau dosa sangat berkewajiban melarang mereka semua..kalo kita tidak melarang mereka kita yg dpt dosa mbak....ini semua ada Hadistnya lo mbak ada juga di Al-qur'an..tetapi maaf saya tidak hapal hadist2nya maupun Tafsiran dr Al-Qur'an..krn sy sering mendengar ceramah.jd saya mengambil ilmu yg simpel aja yg mudh dimengerti..seperti menjaga org2 disekitar kita untuk tidak melakukam kemaksiatan..
@dapur_adhis: @pebritry siyaap..semoga kita semua diberikan Allah hidayah ya mbak..sepatutnya kita sesama muslim tidak saling mencibir atau menghina...dengan yg berbeda Agama aja kita diwajibkan saling menghargai..apalagi dengan sesama Umat Muslim..ini cuma masalah Furu' atau pendapat untuk menjalankannya beda2..semua berkeinginan yg sama iya itu Membangun Indonesia yg lebih Baik..berakhlak..dan beraqidah..beragama..bersukusuku..berbahasa satu bahasa Indonesia
@laurentjerry: @dapur_adhis kok lu pake agama, jadi org jgn terlalu agamais, malu, ini contoh org indonesia yg ga prnh mikir pake otak.
@dapur_adhis: @laurentjerry emang seharusnya begitu..Indonesia ini di Ciptakan oleh siapa..coba saya tanya..siapa yg menciptakan..siapa..hayo siapa..siapa..siapa...siapa yg membuat makhluk hidup..hayo siapa..siapa hayoo..siapa.....ketahuan anda org yg berpikir tidak ada Tuhan..hahaha..kasian deh
@bagong_backpacker: Agamis πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ @dapur_adhis
@dapur_adhis: @laurentjerry cuma org2 yg sesat aja tidak berpikir dengan Agama..hahaha..belajar tu pakai uang halal..jgn pakai uang haram..didunia ini tidak ada Agama selain Agama ISLAM.kesalahan kurikulum yg dicanangkan pemerintah jaman dulu tentang perbedaan Agama dan kitabnya..Nabi Musa kitab Taurat dibilang Agama Yahudi..Nabi Isa kitab Injil dibilang agama Nasrani..haha..hello zaman sekarang masih berpikir begitu..balik aja ke orok deh..semua Nabi Mulai dr Nabi ADAM sampai nabi Muhammad itu ber Agama ISLAM..semoga Allah memberikan Hidayahnya kepada Anda..Amiin
@laurentjerry: @dapur_adhis yakin statement lo ini benar? Tuhan dong berarti lo HAHAHA
@dapur_adhis: @laurentjerry haha..yg ngaku tuhan siapa..kasian deh..
@dwiyanaikadek: @dhanyrisma02 tetap pak jokowi πŸ™
@bharactv: Yaa Udh Gw juga mau USUL Debat presiden harus bawa ISTRI kan perlu tuh kalau pergi keluar negeri ada kunjungan kerja ... JADI wajib bawa istri wkwkwkw
@bharactv: @ibadurrohman_m presiden juga wajib saat kunjungan kerja bawa ISTri ... Jadi presiden harus punya ISTRI
@naniferry: @dapur_adhis pimpinan sekarang dong... hasil kerjanya sudah ada.. sederhana aja pakJokowi ngk pernah menjatuh ato menjelekkhan lawan ato pemimpin seblmnya ... kl suka sama dia , silahkhn pilih .. Hidup sederhana kl suka ya pilih kl ngk jgm ! menjatuhkhn , menfitnah ato menjelek semua yg blm ada bukti , berdoSa kita...
@jan_hutabarat: @agusjupri1 hahaha sikat bro. dr pd kubo yg ono, pd ngaco.πŸ˜…πŸ€£